Volume 2

Alexander Dunlap

Dunia saat ini mengalami degradasi, konflik dan dampak iklim kumulatif luar biasa yang disebabkan oleh ekspansi industrial. Kenyataan ini menuntut pengistilahan baru untuk megaproyek ekstraktif dan infrastruktur. Alih-alih disebut sebagai “pembangunan”, mereka lebih cocok disebut ‘cacing’ dan ‘gurita’ iblis, serta konstruksi para pemangsa-dunia.

Marco Armiero, Stefania Barca, dan Irina Velicu

Kami mengajak Anda untuk melibatkan diri lebih dalam pada refleksi personal dan aksi-aksi yang menghubungkan ragam bentuk perjuangan kita. Kami mengundang Anda untuk “membangun kumpulan-kumpulan kepedulian lintas batas daripada membatasi diri pada sekat-sekat disiplin akademis” dan “menyelidiki diri kita masing-masing sebagai peneliti.”

Syaiful Anam

Kabar buruk tentang kematian yang diakibatkan oleh virus korona menghantui semua masyarakat di dunia, dari pelbagai lapisan sosial dan ekonomi. Petani menjadi subjek rentan jauh sebelum masa pandemi sebab dalam relasi sosial-ekonomi mereka adalah kelompok marginal. Saat wabah datang, krisis yang mereka hadapi jauh lebih kompleks daripada sebelumnya. Mungkinkah masih ada jalan keluar dari kebuntuan krisis untuk keduanya?