Pengantar

Anton Novenanto

Ide untuk menerbitkan Jurnal Eutenika ini muncul secara spontan melihat fakta adanya sebuah wadah untuk menampung beberapa catatan lapang yang dimuat sebelumnya di situs resmi Perkumpulan Peneliti Eutenika (eutenika.org). Kami mengambil inisiatif untuk mengumpulkan catatan-catatan reflektif tersebut dan menerbitkannya dalam sebuah portal yang memang dikhususkan untuk memuat jenis-jenis tulisan serupa.

Diterbitkan oleh sebuah perkumpulan profesi, Jurnal Eutenika tidak berpretensi untuk menjadi sebuah jurnal yang eksklusif bagi karya-karya akademis--seperti jurnal-jurnal lain yang dikelola oleh kampus-kampus di Indonesia. Akan tetapi, Jurnal Eutenika juga tidak hendak menjadi portal jurnalistik untuk menampung liputan-liputan faktual yang disampaikan tanpa kerangka kerja konseptual dan/atau teoretis. Kaidah-kaidah akademis memang penting, namun terlalu akademis justru akan menghasilkan jarak antara penulis dan pembaca. Reportase jurnalistik memang dibutuhkan, namun tanpa kerangka konseptual yang solid fakta-fakta yang hadir terasa hampa karena nir-refleksivitas.

Jurnal Eutenika hadir sebagai pelantaran alternatif bagi ragam tulisan dari para peneliti yang sulit diterima di media massa (karena terlalu 'serius' dan teoretis), pada satu sisi; namun, pada sisi lain tidak bisa diterima di jurnal ilmiah (karena terlalu 'santai' dan non-akademis). Sebut saja, catatan lapang yang ditulis oleh seorang etnografer. Sangat sedikit media di Indonesia yang dapat menampung catatan-catatan lapang etnografer. Padahal untuk mencapai suatu tulisan etnografis dengan soliditas argumen yang kuat dibutuhkan proses diskusi panjang mempersoalkan hal-hal yang bersifat faktual dan sekaligus konseptual.

Edisi perdana ini merupakan sebuah langkah eksperimental yang diambil dengan penuh risiko. Tanpa pretensi untuk mendisiplinkan bentuk artikel yang dimuat di Jurnal Eutenika ini. Seluruh artikel yang disajikan di sini, seperti disampaikan di awal, merupakan artikel-artikel yang sebelumnya telah dimuat di situs Perkumpulan Peneliti Eutenika. Penerbitan Jurnal Eutenika ini merupakan satu batu pijakan untuk mengangkat diskusi lebih komprehensif, serius, dan mendalam tentang tiga tema penting yang saling terkait: politik, ekologi, dan teknologi.

Akhir kata, selamat membaca dan kami mengundang seluruh pembaca untuk berkontribusi meramaikan diskusi.