Volume 1

Pengantar

Esai

Riwanto Tirtosudarmo

Peristiwa berdarah 1965 telah mengubah arah sejarah bangsa Indonesia. Rekayasa sosial selama setengah abad telah menghasilkan sebuah struktur sosial yang timpang.

Hakimul Ikwan

Pandemi Covid-19 menjadi instrumen perang senyap global. Wabah itu meledak akibat respons kebijakan yang lamban dan tidak tepat sasaran.

Geger Riyanto

Ketidakjelasan pemerintah Indonesia tentang situasi COVID-19 di negaranya bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Itu mungkin berasal dari ketidaktahuan pemerintah tentang cara mengelola pandemi ini.

Hatib Abdul Kadir

Prinsip pasar bebas telah mengubah peran negara secara signifikan. Menjaga pertemanan, kepedulian, keintiman adalah demi bertahan di tengah kejamnya kompetisi pasar bebas.

Riset: Marjinalitas Baru, Marjinalitas Lama

Anton Novenanto

Abad ke-21 ditandai dengan beberapa kejadian luar biasa (KLB) yang disebabkan oleh virus. “SARS-CoV-2” adalah satu dari sekian virus yang menyebabkan gangguan kesehatan. Namun, dia adalah yang pertama dinyatakan sebagai pandemik global oleh umat manusia.

Gökçe Günel, Saiba Varma, dan Chika Watanabe

Etnografi tambal-sulam memperluas pemahaman tentang material, perangkat, objek yang dapat digunakan dalam analisis. Sebuah sumberdaya bagi dunia yang berubah akibat pandemi.

Fitri Widowati

Pandemi memperburuk kondisi kelompok yang sebelumnya sudah termarjinalkan, bahkan menyeret anak muda, yang sedang memperlihatkan kegagahan mereka sebagai perantau, menjadi kelompok rentan.

Baswara Yua Kristama; Yuni Kurniawaty

Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan melawan pandemi. Berita tentang para pejuang di garda depan yang gugur karena Covid-19 membawa ketakutan.

Laila Azkia

Tuntutan melakukan perubahan mendadak membuka mata kita terhadap beragam fakta tentang pembangunan yang timpang. Sesuatu yang mungkin baru disadari dampaknya saat kita beralih dari tatap muka ke tatap layar.

Lutfi Amiruddin

Jimat bukanlah lelucon. Lelucon yang sebenarnya justru dimunculkan oleh pejabat dan tokoh masyarakat kita.

Erina Saputri

PKL menjadi sasaran kebijakan pemerintah yang represif karena dianggap merusak keindahan kota, dan kini ditambah dengan stigma penyebab kerumunan.

Nuzul Solekhah

Menjadi tua adalah bagian dari fase kehidupan manusia. Namun, menjalani masa tua di kala pandemi adalah sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Gadi Makitan; Anton Novenanto

Bahaya infodemi bukanlah soal ketiadaan informasi, namun “terlalu banyak” informasi spekulatif membanjiri kanal-kanal informasi.

Anton Novenanto

Krisis yang tengah kita alami saat ini tidak disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, tapi akibat rentannya sistem, jaminan dan infrastruktur kesehatan masyarakat di republik ini.

Catatan

Rifqy Nukman Maajid; Kusuma Pradana Ramadani

Haflah L. Distincta

Situasi pandemi yang bersamaan dengan bulan Ramadhan mengubah aktivitas ngabuburit di jalan-jalan bukan lagi mencari sebungkus takjil. Kecanggihan teknologi salah satu pilihan jitu untuk menjaga kewarasan akal dan nalar di tengah situasi pandemi seperti sekarang.

Anton Novenanto

Banyak pihak bertanya-tanya tentang bagaimana nasib globalisasi pasca krisis akibat pandemi COVID-19. Persaingan politik internasional memang tidak bisa tidak untuk mengabaikan peran Tiongkok dalam percaturan global.

Dania Nur Shabrina

Ketidakpercayaan kelompok rentan pada dunia medis meneguhkan struktur yang timpang dan inaksesibilitas layanan kesehatan.

Hatib Abdul Kadir

Melalui etnografi, konsep dan teori filsafati yang susah dicerna dapat dijelaskan dengan bukti empirik. Narasi gamblang mengungkap krisis lingkungan akibat prinsip ekonomi neoliberalisme.